Jumat, 14 Agustus 2015

MANFAAT SIWAK










   KHASIAT SIWAK   
Asslamualaikum Wr.Wb. kawan-kawan semua bagaimana kabarnya ,,, ?? oke langsung aja ini aku mau memberikan tip sehat untuk kalian selamat membaca
 
   Membersihkan gigi merupakan sunnah yang di anjurkan Rasulullah SAW. cara beliau membersihkan gigi ialah dengan menggunakan kayu siwak (Salvadora Persica) . Dalam hadits disebutkan bahwa beliau menggosok giginya dengan siwak setiap bangun dari tidur.. Hudaifah Ra. meriwayatkan, "Kapan pun Rasulullah bangun dari tidur ,, ia akan menggosok giginya dengan siwak." (HR. Bukhari dan Muslim)
selain setelah bangun tidur,, dalam hadits lain disebutkan , Rasulullah SAW. juga biasa membersihkan giginya denga siwak sesaat sebelum wudhlu. Aisyah Ra. meriwayatkan, "Kami biasa menyiapakan sebuah siwak dan air untuk wudhu bagi Rasulullah SAW. Kapan allah menghendaki beliau bangun tidur malam, beliau akan membersihkan giginya dengan siwak, mengambil wudhu lalu mendirikan shalat."(HR.Muslim)
     Siwak merupakan alat pembersih gigi yang di wariskan oleh Rasulullah SAW, pada umatnya. bukan tanpa alasan beliau menyarankan umatnya untuk menggunakan siwak, yaitu akar atau ranting segar tanaman arak.Beliau sangat konsen dan memperhatikan persoalalan kecil yang memiliki manfaat besar.
    Melihat begitu banyak sisi positif, baik dalam masalah agama,sosial dan kesehatan dari penggunaan siwak,beliau hampir saja mewajibkan umatnya untuk selalu bersiwak sebelum shala dan wudhu. beliau bersabda:
           "Kalu bukan karena memberatkan umatku maka akan aku perintahkan mereka untuk bersiwak setiap akan shalat atau wudhu." (HR. Bukhari dan Muslim)


         Bagaimana penjelasan ilmiah terkait sunnah Rasulullah seputar bersiwak? mari saya beritahukan hehe :
        Siwak atau miswak merupakan dari batang,akar atau ranting dari tumbuhan Salvadora Persica atau pohon arak yang kebanyakan banyak tumbuh di daerah Timur Tengah, Asia dan Afrika.diameter pohon sekitar 30 cm.jika kulitnya akan di kupas maka kulitnya akan berwarna keputihan dan memiliki banyak juntaian serat. Aromanya seperti seledri dan radsan agak pedas.siwak berfungsi untuk mengikis dan membersihakan bagian dalam mulut.
         sebuahy penelitian ilmiah pada tahun 2003 mebuktikan keunggulan siwak dari pada pasta gigi biasa, yaitu mengandung mineral" alami yang dapat membunuh bakteri,menghilangkan plak dan mencegah gigi berlubang,serta memelihara gusi. Batang kayu siwak memiliki kandungan kimiawi yang bermanfaat ,, berikut manfaatnya
   
  1. Antibacterial acids, seperti astringents, abrasive dan detergents yang berfungsi untuk membunuh bakteri, mencegah infeksi dan menghentikan pendarahan pada gusi. Pada penggunaan siwak pertama kali, mungkin terasa pedas dan sedikit membakar, karena terdapat kandungan serupa mustard di dalamnya yang merupakan substansi antibacterial acids tersebut. 

  2. Kandungan kimia seperti Klorida, Pottasium, Sodium Bicarbonate, Fluoride, Silika, Sulfur, Vitamin C, Trimethyl amine, Salvadorine, Tannins dan beberapa mineral lainnya yang berfungsi untuk membersihkan gigi, memutihkan dan menyehatkan gigi dan gusi. Bahan-bahan ini sering diekstrak sebagai bahan penyusun pasta gigi.

3. Minyak aroma alami yang memiliki rasa dan bau yang segar, menjadikan mulut menjadi harum dan menghilangkan bau tak sedap.

4. Enzim yang mencegah pembentukan plaque yang menyebabkan radang gusi. Plaque juga merupakan penyebab utama tanggalnya gigi secara premature.

5. Anti decay agent (Zat anti pembusukan), yang menurunkan jumlah bakteri di mulut dan mencegah proses pembusukan. Selain itu siwak juga turut merangsang produksi saliva (air liur) lebih, dimana saliva merupakan organik mulut yang melindungi dan membersihkan mulut.

         Dalam penjelasan ilmiah sunnah bersiwak maka terdapat dua mukjizat bagi Rasulullah Saw. mujizat pertama, yaitu manfaat-manfaat yang tampak pada siwak. Dengan ini berarty beliau orang pertama yang memerintahkan aagar melindungi mulut dari berbagai penyakit.
mujizat kedua, yaitu bagaimana beliu mengetahui dari sekian juta jenis pohon pohonan,hanya pohon siwak yang mengandun banyak manfaat bagi manusia.

         Atas dasar berbagai hasil penelitian, banyak perusahaan pasta gigi di dunia banyak mencampurkan bubuk siwak ke dalam produk pasta gigi mereka. bahkan WHO pun turut menjadikan siwak sebagai komoditas kesehatan yang perlu di pelihara dan di budi dayakan..

        Nah itulah kawan ilmu yang dapat saya sampaikan kepada kalian semua ,,, semoga bermanfaat yaa ,,, 
            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar